Wanita terbaik penyenang hati Nabi Muhammad Rasululloh S.A.W adalah wanita yang sholehah dan selalu berjalan di jalan Allah. Suatu kegembiraan yang tiada terhingga apabila dapat bertemu, bahkan mendampingi hidup Nabi muhammad S.A.W, manusia yang paling mulia. Tidak sembarang orang bisa mendampingi hidup beliau di masa-masa yang penuh dengan ujian.

Begitu juga dengan wanita yang mendampingi Rosululloh. Kita sering mendengar dari segelintiran orang yang mengatakan bahwa di balik Pria yang sukses, pasti ada istri di belakangnya. kemungkinan hal ini yang juga terjadi pada Nabi Muhammad S.A.W. Lantas siapakah wanita tersebut? Apakah wanginya harum, cerdas, cantik rupanya, masih muda atau justru sebaliknya??? Namun Ternyata bukan karena semua hal itu wanita tersebut mendapatkan sebutan wanita terbaik dari Rasululloh.

Di kutip dari sebuah Hadist, Pada suatu ketika di jaman nabi muhammad, salah satu sahabat pernah bertanya kepada Rasululloh, mengenai bagaimana sebenarnya wanita yang terbaik itu. Kemudian, Rosululloh menjawab : bahwa sesungguhnya seorang wanita apabila dilihat oleh suaminya menyenangkan hati sang suami, taat kepada perintah suami ("Perintah yang menuju jalan Alloh S.W.T dan Kebaikan dunia Akhirat") tidak benci ataupun menyelisihi apapun yang terjadi pada dirinya ("Istri") dan harta benda sang suaminya.

Hal ini sejalan dengan yang pernah di katakan oleh salah orang dari Baduwi, saat ditanya mengenai wanita. Dia menjelaskan bahwasanya wanita yang paling utama. Adalah wanita yang paling besar dan paling tinggi ketika duduk, jujur sa'at berkata, apabila tertawa hanya cukup dengan senyuman, apabila membuat sesuatu cukup begitu baik, taat pada akan perintah sang suami. Mengurus rumah dengan baik, Mulia di hadapan golongannya, Rendah dalam dirinya, penuh kasih sayang dan memiliki anak banyak, serta semuanya terpuji.

Dirinya pun  melanjutkan jika yang paling buruk di antara mereka. Ialah : Yang tertawa tanpa suatu alasan yang jelas, senang menyumpahi suaminya, Berbicara bohong, sombong, dan pant*tnya ada di air atau martabat nya rendah.

Seperti itulah buah karakteristik seorang wanita solehah, dimana mereka adalah wanita yang taat pada suaminya, mampu menjaga amanah, memenuhi hak-hak sang suami, menjaga harta suaminya sa'at ditinggal pergi. Dan Wanita ini juga mampu menyejukkan hati sang suami saat di dunia dan teman setia menuju surga ilahi.

Sementara itu, wanita yang paling bur*k adalah : Wanita yang menjadi neraka bagi suaminya, dimana merekaseakan merasa lebih tinggi kedudukannya dibanding sang suami ("Bisa dibilang angkuh"). Padahal Alloh S.W.T sudah berfirman dengan jelas dalam sebuah ayat di dalam Al-Qur'an.

 Isi ayat tersebut yang artinya : Lelaki adalah pemimpin bagi wanita. Sudah sepatutnya apabila jika seorang wanita, haruslah taat kepada suaminya, Asalkan apa yang diperintahkannya sesuai dengan ketentuan dan aturan Alloh S.W.T.

Dalam Sebuah riwayat lain yang dikisahkan, perbincangan antara Abu Darda dan istrinya, Ummu Darda. Dia mengatakan kepada istrinya :  bahwa apabila dirinya sedang dalam keadaan marah, maka relakanlah. Begitu juga jika dia melihat sang istri marah, maka ia juga akan merelakannya. Apabila hal ini tidak dilakukannya, maka mereka tidak akan pernah berteman atau bersatu.

Berdasarkan kisah wanita terbaik menurut Muhammad Rasululloh S.A.W di atas, kita tahu bahwa sesungguhnya suami adalah pemimpin dalam keluarganya. Maka dari itu, sebagai seorang istri, kita haruslah memahami kewajiban dan tugas kita kepada keluarga, suami, dan anak. Mentaati perintah suami adalah salah satu tugasnya. Selain itu, dilarang juga bagi seorang istri untuk menampakkan raut wajah yang kurang enak, karena sudah sepantasnya jika istri selalu membuat suami bahagia. Apabila kita melakukan semua kewajiban dan tugas ini dengan Rasa ikhlas maka Insya Alloh, kita akan menjadi salah satu dari wanita terbaik menurut Nabi Muhammad Rosululloh S.A.W.

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments